Header Ads Widget

Pojok KITAB SUCI; DI DALAM YESUS KITA HIDUP SELAMANYA

Minggu, 14 Mei 2023

(Pekan VI Paskah, St Maria Dominika, St Matias Rasul, St Michael Garicoits, St Pakhomius)

Kelompok Basis Gerejani  (KBG) Santu Yosep Woang Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong berdoa-berdevosi kepada Bunda Maria  Bulan Mei 2023. Bulan Maria menjadi kesempatan Yang BAIK untuk saling mengunjungi..........memperkuat semangat komunio-persekutuan umat basis......


Bacaan I Kisah Para Rasul 8:5-8.14-17
Mazmur Tanggapan Mzm 66:1.3a.4-5.6-7a.16.20
Bacaan II 1Petrus 3:15-18
Injil Yohanes 14:15-21



"Pada waktu itulah kamu akan tahu bahwa Aku hidup dan kamu pun akan hidup"
Yoh 14:19
(Vos autem videtis me; quia ego vivo, et vos vivetis in me)


DI DALAM YESUS KITA HIDUP SELAMANYA


KISAH penganiayaan tetap mendera para murid. Itulah risiko kemuridan yang tak terhindarkan. Sekiranya itulah bagian dari jalan mengikutiNya (Kis 8:5). Namun, apakah spirit kemuridan itu menjadi pudar dan lenyap?


KITA renungkan kata-kata Yesus yang menjadi kunci kekuatan dalam mengikutiNya:


Adanya kekuatan KASIH kepada Yesus. Hal ini ditandai dengan 'memegang perintahNya dan melakukannya.'


Jika ada KASIH selalu ada alasan dan daya dorong yang kuat untuk melakukan sesuatu yang indah, baik dan benar.


Roh Kebenaran yang menyertai: Dalam keterbatasan manusiawi, siapapun bisa kehilangan orientasi dan arah. Dunia yang digambarkan adalah dunia dalam gerak dan gemanya sendiri. Menantang! Mungkin kah para murid bakal bagai yatim piatu yang berharap dan berserah penuh pada pemeliharaan dunia? Yesus tak menghendakinya. Roh Kebenaran menuntun para murid untuk membaca, menimbang, memilih dan memutuskan yang seharusnya di dalam dunia yang sajikan banyak tawaran dan penuh pergolakan!


Aku akan datang kembali:

Kematian tidak isyaratkan kehilangan dan kelenyapan Tuhan untuk selamanya dari hadapan dan pandangan para murid. Datang kembali adalah tanda harapan bahwa Tuhan adalah jaminan paripurna hidup kita. Tidak hanya di atas bumi tetapi untuk hidup selamanya.


Sebab Aku hidup Allah kita Tuhan kehidupan. Dan kita pun hidup di dalamNya.' Sebab IA hidup di dalam para murid, di dalam diri kita. Tugas kita adalah menyatakan Tuhan yang hidup itu. Rasul Petrus ingatkan jemaat:

"Kuduskanlah Kristus di dalam hatimu. Bersiapsedialah setiap saat untuk pertanggungjawabkan kepada tiap-tiap orang yang meminta dari kamu tentang pengharapan yang ada padamu."


Dalam situasi berat, penuh penganiayaan, para murid tetap bersaksi bahwa Yesus hidup. Selalu ada usaha dan jalan untuk memberi kesaksian tentangNya.


Saat kita mewartakan Tuhan dalam cara apa saja, itulah tanda : Tuhan hidup, Tuhan hidup dalam kita dan kita mengasihiNya, dan seturut kata-kata Tuhan:

"Dan, barangsiapa mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh BapaKu, dan Akupun akan mengasihi dia, dan akan menyatakan diriKu kepadanya" (Yoh 14:21)



Verbo Dei Amorem Spiranti

Tuhan memberkati
Amin-Alleluia.
selamat hari Minggu
<


Posting Komentar

0 Komentar