Header Ads Widget

Renungan Harian Katolik; BAGAIMANA PUN, Kita Selalu Punya Harapan Untuk Hidup Dan Saling Menuntun Kepada Kebaikan!

Kamis, 04 Januari 2024(Hari Biasa Masa Natal, St Dafrosa, St Elizabeth Ann Seton)


Bacaan I 1Yohanes 3:7-10

Mazmur Tanggapan Mzm 98:1.7-8.9

(Ref: Segala ujung bumi telah melihat keselamatan yang datang dari Allah kita)

Injil Yohanes 1:35-42


"Lalu Andreas membawa Simon kepada Yesus" 
Yoh 1:42
(Et Andreas adduxit Simonem ad Iesum)


TUNTUNLAH SAUDARAMU DENGAN JIWA BESAR


Baca juga yang ini; Renungan Harian Katolik; Kasih Itu Segalanya


TAK semua orang beruntung punya saudara dan saudari yang jempolan. Bersyukurlah, bila kita memang miliki saudara dan saudari yang mulia hati. Itulah modal dan kekuatan utama dalam hidup bersama. Dalam rasa kekeluargaan yang hangat dan ceriah.




SAUDARA-SAUDARI yang baik itu tetap memberikan kekuatan dalam ziarah hidup. Mereka memberikan perhatian. Agar hidup kita dapat bertumbuh, berkembang serta berbuah. Sungguh! Mereka adalah 'gandengan tangan kita yang memberikan harapan.' Dan tunjukan arah benar di jalan kehidupan.



TETAPI, Saudara dan saudari yang baik itu juga adalah 'suara tulus dan sejuk serta terbuka. Apa adanya. Untuk sanggup katakan "jika ya, katakan ya dan jika tidak katakan tidak" (cf Mat 5:37). Itulah kemuliaan hati saudara-saudari. Yang selalu sanggup bicara tenang. Dan dari hati ke hati. Untuk saling berbagi serentak mengingatkan! Tidak untuk membentak. Apalagi mempermalukan.




SEBALIKNYA, alam saudara-saudari terkadang terpolusi oleh kelemahan dan kebiasaan yang kabur. Iri hati, kebenciaan, ketaksukaan, kesombongan, serta aneka kecenderungan 'menjual harga murah nama saudara-saudari sendiri' sering pula jadi kebiasaan.



TERKADANG, orang bisa merasa diri 'besar kepala dan mulia pada diri sendiri' dengan 'menjajakan harga diri saudara sendiri yang direndahkan.' Ada kah kepentingan dan keuntungan demi diri sendiri yang hendak dijaring dari hal seperti itu? Sebab, amat sering, orang tak pernah lelah untuk selalu aktif dalam cerita-cerita suram mengenai saudara-saudarinya sendiri.


Baca juga yang ini; Renungan Harian Katolik; ADA Kecenderungan Diri Untuk Tampilkan Yang 'Bukan Kita.'

BAGAIMANA PUN, kita selalu punya harapan untuk hidup dan saling menuntun kepada kebaikan! Demi kembali kepada kebersamaan yang seharusnya. Demi saling bergandengan tangan menuju HARAPAN BERSAMA dalam Tuhan sendiri. Yang mempersekutukan dan yang merekatkan dalam KASIH.




ANDREAS sungguh punya hati nan mulia. Ia membawa, Simon Petrus, saudaranya, kepada Yesus. Kepada TERANG, kepada SUMBER KEBENARAN dan KEHIDUPAN. Andreas tentu punya kerinduan, agar Simon Petrus, saudaranya itu, sungguh menjadi baru di dalam Yesus.

Baca juga yang ini; Renungan Harian Katoli; TERPUJILAH Rahim, Darinya Kita Dilahirkan...


BERSYUKURLAH Anda kalian yang lemah lembut, baik hati, berkepribadian mulia, yang terhormat dalam perangai, yang jempolan dalam kesaksian hidup serta tetap elegan dalam nama baik. Tinggal bagaimana Anda kalian tetap berjiwa besar berjuang. Demi membawa saudara-saudarimu dan siapapun sesama kepada Yesus.



ITULAH saudara-saudarimu yang malang. Yang hidup dalam petaka dan ketakberuntungan nasib dan peri hidup. Setidak-tidaknya, tetaplah berbesar hati dalam membawa semuanya dalam Harapan dan Doa kepada Yesus, Tuhan. Sebab, DIA-lah Saudara Sulung bagi kita semua!


Bukan kah demikian?
Verbo Dei Amorem Spiranti
Tuhan memberkati.
Amin





Baca juga yang ini; Renungan Harian Katolik; Bahaya Perangai Kasar, Nalar Semestinya Sehat

Baca juga di sini, Kisah Tentang Kita ;
https://www.indonesiana.id/profil/27530/Richard-Roden 


Yayasan Ayo Indonesia atas dukungan Missionprokur SVD Steinhauzen Swiss melakukan suatu survei pasar untuk mengetahui pasokan dan permintaan sayur-sayuran di Pasar Lembor, Ruteng, dan Borong. Hasil survei ini kemudian menjadi acuan dalam menyusun suatu panduan pola dan waktu tanam yang terfokus pada pasar  
   
   Mangga bantuan dari Program kerjasama Yayasan Ayo Indonesia dengan Missionprokur SVD Steinhauzen Swiss ternyata tumbuh baik dan sudah menghasilkan uang untuk penerima bantuan bibit mangga tahun 2014 di Lengkong Cepang. Didokumentasikan oleh Stef Jegaut, Selasa (15/8/2023)




Pada program Pemberdayaan Sosial-Ekonomi, kerjasama Yayasan Ayo Indonesia dengan Missionprokur SVD Steinhauzen Swiss tahun 2014, salah satu kegiatannya, adalah mempromosikan pembuatan Toilet dan Septik Tank menggunakan bambu untuk menggantikan fungsi besi beton, ternyata masih bertahan kuat sampai saat ini di Lengkong Cepang. Didokumentasikan oleh Stef Jegaut,Selasa (15/8/2023).

Adalah Koperasi Simpan Pinjam Inklusi di Manggarai, 25 orang Penyayang Disabilitas telah menjadi Anggota.KSP CU Florette: Menyediakan Pinjaman Berbunga Rendah, melakukan Upaya Pemberdayaan Sosial Ekonomi (bisnis) dan mengajarkan Literasi/Melek Keuangan. Kerja sama dengan Yayasan Ayo Indonesia (Rumah Belajar)


Jasa Rental Kendaraan untuk Anda, Kami Siap Melayani dengan HATI:





Posting Komentar

0 Komentar