Header Ads Widget

Renungan Harian Katolik; DI TANGAN TUHAN SEMUANYA MENJADI INDAH

Jumat, 19 April 2024

(Pekan III Paskah - Beato James Ducket, St Leo IX-Paus ke 151)

Bacaan I Kis 9:1-20
Mazmur Tanggapan Mzm 117:1bc.2
(Ref: Pergilah ke seluruh dunia, dan beritakanlah Injil)
Injil Yohanes 6:52-59

"Pergilah, sebab orang ini adalah alat pilihan-KU untuk memberitakan nama-KU"
Kis 9:15
(Vade quoniam vas electionis est mihi iste ut portet nomen meum)


DI TANGAN TUHAN SEMUANYA MENJADI INDAH


JALAN antara Yerusalem dan Damsyik sebenarnya adalah 'lintasan maut.' Saulus yang berpengetahuan itu, sudah punya niat darah dan kekerasan: "Menangkap dan membunuh murid-murid Tuhan."


MUNGKINKAH gelora maut itu sudah terbaca dan lalu hendak 'diperalat' oleh elitis Mahkamah Agama Yahudi? Saulus pun telah peroleh surat kuasa. Demi pembenaran sah demi tindakan mautnya nanti.


NAMUN jalan kisah Saulus ke Damsyik nyatanya cepat berubah. TUHAN 'menangkapnya' di Damsyik. Dan Tuhan bahkan mengubah orientasi maut dalam diri Saulus. Saulus mesti awali jalan dan alam hidup baru. Lalu?

SAULUS mesti jadi jembatan Kasih, Kehidupan, Harapan, Kabar Gembira (Injil) Keselamatan dalam Yesus, Tuhan. Betapa Kuasa Kasih Tuhan itu sekian berdaya. Saulus, yang semula berkobar-kobar untuk menangkap dan membunuh kini justru menjadi Saulus yang ditangkap, demi pewartaan Kabar Gembira.


KISAH Saulus bisa menjadi kisah kita pula. Semuanya dalam kuasa kasih Tuhan yang mengubah. Tetapi setidaknya, mari kita dengarkan suara 'para ananias' yang menyapa dan menerima kita dalam Nama Tuhan.


TUHAN dapat menyapa kita melalui 'suara, sikap, dan sekian banyak ungkapan penerimaan dalam Kasih dari saudara-saudari kita.' Kepada Saulus, Ananias memberikan kesaksian bahwa adalah Tuhan yang menyuruhnya untuk meneguhkan: Agar Saulus dapat melihat lagi dan penuh dengan Roh Kudus (Kis 9:17).

DI JALAN hidup kita yang banyak 'suram dan rabunnya, bahkan terancam buta,' tetap ada suara-suara dan sikap bijak penuh damai yang yakinkan kita, yang teguhkan kita agar 'dapat melihat kembali dan dipenuhi Roh Kudus.' Semuanya dalam penyelenggaraan Kasih Tuhan. Sebab, dalam Tuhan segala sesuatu sungguh menjadi indah. Dan dalam kerendahan hati, kita menanggapinya.


Verbo Dei Amorem Spiranti
Tuhan memberkati.
Amin - Alleluia

Pater Kons Beo,SVD

Mari kita renungkan kata-kata St. Arnoldus Janssen (perayaan 15 Januari):
  1. Pendiri SVD        : 1875
  2. Pendiri SSpS       :  1889
  3. Pendiri SSpS-Ap :  1896
  1. "Tabahkanlah hatimu dengan gembira, jangan merasa cemas bila salib-salibmu sering-sering terlalu kasar, terlalu berat dan tajam pada sisi-sisinya. Semuanya akan berakhir, tapi ganjaran yang abadi tak kan ada kesudahannya." 
  2. "Teguhkanlah hatimu dan percayalah kepada Allah. Sesudah hari-hari gelap akan menyusul hari-hari cerah. Anggaplah semuanya ini sebagai hal yang pasti."
  3. Sebagaimana seorang pengemis tidak dapat menyombongkan diri, kalau ia menerima pemberian-pemberian yang besar, demikian pula kita tidak  boleh bersikap angkuh atas anugerah-anugerah Allah."
  4. "Berbahagialah orang yang tidak takut untuk hidup dalam ribuan pengorbanan dan kekurangan demi memperoleh banyak orang bagi Kristus."
  5. "Semakin banyak kita menghormati ROH KUDUS, kita semakin layak untuk menerima karunia-karuniaNYA."

St. ARNOLDUS JANSSEN,
DOAKANLAH KAMI
AMIN

Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong, Minggu (10/3/2024) menyelenggarakan pertemuan pastoral untuk membentuk kepanitian Prosesi Sakramen Maha Kudus (Juni 2024) dan Perayaan Pesta Intan (75 tahun) Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong pada bulan juni tahun 2025, bertempat di Pendopo Pastoran. Pertemuan dihadiri oleh Pator Paroki, Dewan Inti Pastoral, utusan komunitas Biara Suster (KFSA/PSM/AHKYB/PSM), Ketua Wilayah (Woang/Redong/Perumnas), Utusan dari Kelompok Katergorial (Vanclar/KTM/Legio Maria/OMK). Jumlah mereka sebanyak 35 orang.




Yayasan Ayo Indonesia atas dukungan Missionprokur SVD Steinhauzen - Swiss melakukan suatu survei pasar untuk mengetahui pasokan dan permintaan sayur-sayuran di Pasar Lembor, Ruteng, dan Borong. Hasil survei ini kemudian menjadi acuan dalam menyusun suatu panduan pola dan waktu tanam yang terfokus pada pasar  

   Pohon Mangga ini tumbuh baik hingga saat ini di kebun salah satu keluarga di Paroki Lengkong Cepang. Benihnya disediakan oleh Program kerjasama Yayasan Ayo Indonesia dengan Missionprokur SVD Steinhauzen - Swiss, tahun 2014. 
Didokumentasikan oleh
Stef Jegaut, Selasa (15/8/2023) 





Pada program Pemberdayaan Sosial-Ekonomi, kerjasama Yayasan Ayo Indonesia dengan Missionprokur SVD Steinhauzen - Swiss tahun 2014, salah satu kegiatannya, adalah mempromosikan pembuatan Toilet dan Septik Tank menggunakan bambu untuk menggantikan fungsi besi beton, ternyata masih bertahan kuat sampai saat ini di Lengkong Cepang. Didokumentasikan oleh Stef Jegaut,Selasa (15/8/2023).

Adalah Koperasi Simpan Pinjam Inklusi di Manggarai, 25 orang Penyandang Disabilitas telah menjadi Anggota KSP Credit Union Florette: Menyediakan Pinjaman Berbunga Rendah, melakukan Upaya Pemberdayaan Sosial Ekonomi (bisnis) dan mengajarkan Literasi/Melek Keuangan. Kerja sama dengan Yayasan Ayo Indonesia (Rumah Belajar)


Jasa Rental Kendaraan untuk Anda, Kami Siap Melayani dengan HATI:




Ayo Merawat Bumi, Rumah Kita Bersama
Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong




Posting Komentar

0 Komentar