Header Ads Widget

Renungan Harian Katolik; AKU Rindu Akan Tuhan Dalam Ekaristi.

Minggu, 02 Juni 2024


(Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus)

Bacaan I Keluaran 24:3-8
Mazmur Tanggapan Mzm 116:12-13.15.16b.17-18
(Ref: Aku akan mengangkat piala keselamatan, dan akan menyerukan nama Tuhan)
Bacaan II Ibrani 9:11-15
Injil Markus 14:12-16.22-26

"Terimalah, inilah...." Mrk 14:22.24

(Sumite, hoc est...)

KATA-KATA AGUNG Tuhan tetap teringat:

"Terimalah, inilah TubuhKU; inilah DarahKU, Darah Perjanjian, yang ditumpahkan bagi semua orang..."

Kata-kata ini tetap terucapkan dan terdengar setiap kali dalam Perayaan Ekaristi.

EKARISTI memanggil dan membentuk kita semua sebagai 'anak-anak perjanjian. Yang dikuatkan dalam santapan TubuhNYA, dan yang disegarkan oleh DarahNya.'

AKU rindu akan Tuhan dalam Ekaristi. Melaluinya: aku arahkan perhatianku pada SABDA-NYA! Mendengar dan merenungkannya. Menyimpan dalam hati dan pikiran. Untuk kelak 'berbuah dalam keseharian. Dalam perjumpaan dengan dunia dan sesama.
🔅 Sebaiknya baca juga yang ini; Renungan Harian Katolik; Bagi Setiap Kita Ada Tempat Yang Pasti Dalam Tuhan

Kata-kata Tuhan selalu hidup dan berdaya untuk membuatku tak berpaling! Teringatlah ungkapan penuh yakin Simon Petrus:

"Tuhan, kepada siapakah kami akan pergi? PerkataanMu adalah perkataan hidup yang kekal" (Yoh 6:68).

Dalam Ekaristi: aku pun arahkan seluruh diri dan jiwaku pada Santapan Rohani: Tubuh dan Darah Kristus, Tuhan! Teringat dan terenung akan kata-kata Tuhan:

"Barangsiapa makan dagingKu dan minum darahKu, ia mempunyai hidup yang kekal dan Aku akan membangkitkan dia pada akhir zaman. Sebab dagingKu adalah benar-benar makanan dan darahKu adalah benar-benar minuman" (Yoh 6:54-55).

🔅 Sebaiknya baca juga yang ini; Pater Kons Beo, SVD; Ini Hanyalah Satu Kisah

Dalam Ekaristi: aku ingin berjumpa, bersatu, berkomunio dengan saudara-saudariku seiman! Dan semuanya adalah gambaran nyata Tubuh Mistik Kristus, yakni Gereja. Dalam kebersamaan Ekaristi, kita semua diteguhkan sebagai saudara-saudari Kristus dalam iman - harapan dan kasih!


Tidak kan Tuhan berfirman?:

"Sebab di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam namaKu, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka...." (Mat 18:20-21).

Dalam ekaristi, aku ingin kembali meneguhkan jatidiri dan komitmenku sebagai murid dan umat Tuhan yang diberkati. Dan pada gilirannya diutus untuk menjadi tanda nyata berkat Tuhan bagi dunia dan bagi sesama:

🔅 Sebaiknya baca juga yang ini; Pater Kons Beo, SVD; Ini Hanyalah Satu Kisah

Kata-kata Imam, sebagai in persona Christi lantang terucap dan terdengar membesarkan hati dan meneguhkan perutusan:

'Semoga saudara-saudari dilindungi dan dibimbing oleh berkat Allah Yang Mahakuasa: Bapa dan Putera dan Roh Kudus..' Amin.


Mari pergi, kita semua diutus....


Kita semua, Gereja, melalui Ekaristi diutus untuk mewartakan CINTA KASIH TUHAN dan NILAI-NILAI INJILI.

Dan di situlah setiap kita bertarung untuk hadir sebagai garam dan terang dunia (cf Mat 5:13-16).


Verbo Dei Amorem Spiranti
Selamat Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus.
Tuhan memberkati.
Amin


Mari kita renungkan kata-kata St. Arnoldus Janssen (perayaan 15 Januari):
  1. Pendiri SVD        : 1875
  2. Pendiri SSpS       :  1889
  3. Pendiri SSpS-Ap :  1896
  1. "Tabahkanlah hatimu dengan gembira, jangan merasa cemas bila salib-salibmu sering-sering terlalu kasar, terlalu berat dan tajam pada sisi-sisinya. Semuanya akan berakhir, tapi ganjaran yang abadi tak kan ada kesudahannya." 
  2. "Teguhkanlah hatimu dan percayalah kepada Allah. Sesudah hari-hari gelap akan menyusul hari-hari cerah. Anggaplah semuanya ini sebagai hal yang pasti."
  3. Sebagaimana seorang pengemis tidak dapat menyombongkan diri, kalau ia menerima pemberian-pemberian yang besar, demikian pula kita tidak  boleh bersikap angkuh atas anugerah-anugerah Allah."
  4. "Berbahagialah orang yang tidak takut untuk hidup dalam ribuan pengorbanan dan kekurangan demi memperoleh banyak orang bagi Kristus."
  5. "Semakin banyak kita menghormati ROH KUDUS, kita semakin layak untuk menerima karunia-karuniaNYA."

St. ARNOLDUS JANSSEN,
DOAKANLAH KAMI
AMIN

Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong, Minggu (10/3/2024) menyelenggarakan pertemuan pastoral untuk membentuk kepanitian Prosesi Sakramen Maha Kudus (Juni 2024) dan Perayaan Pesta Intan (75 tahun) Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong pada bulan juni tahun 2025, bertempat di Pendopo Pastoran.

Pertemuan dihadiri oleh Pator Paroki, Dewan Inti Pastoral, utusan komunitas Biara Suster (KFSA/PSM/AHKYB/PSM), Ketua Wilayah (Woang/Redong/Perumnas), Utusan dari Kelompok Katergorial (Vanclar/KTM/Legio Maria/OMK). Jumlah mereka sebanyak 35 orang.



Yayasan Ayo Indonesia atas dukungan Missionprokur SVD Steinhauzen - Swiss melakukan suatu survei pasar untuk mengetahui pasokan dan permintaan sayur-sayuran di Pasar Lembor, Ruteng, dan Borong. Hasil survei ini kemudian menjadi acuan dalam menyusun suatu panduan pola dan waktu tanam yang terfokus pada pasar  

Pohon Mangga ini tumbuh baik hingga saat ini di kebun salah satu keluarga di Paroki Lengkong Cepang. Benihnya disediakan oleh Program kerjasama Yayasan Ayo Indonesia dengan Missionprokur SVD Steinhauzen - Swiss, tahun 2014.  Didokumentasikan oleh Stef Jegaut, Selasa (15/8/2023) 




Pada program Pemberdayaan Sosial-Ekonomi, kerjasama Yayasan Ayo Indonesia dengan Missionprokur SVD Steinhauzen - Swiss tahun 2014, salah satu kegiatannya, adalah mempromosikan pembuatan Toilet dan Septik Tank menggunakan bambu untuk menggantikan fungsi besi beton, ternyata masih bertahan kuat sampai saat ini di Lengkong Cepang. Didokumentasikan oleh Stef Jegaut,Selasa (15/8/2023).

Adalah Koperasi Simpan Pinjam Inklusi di Manggarai, 25 orang Penyandang Disabilitas telah menjadi Anggota KSP Credit Union Florette: Menyediakan Pinjaman Berbunga Rendah, melakukan Upaya Pemberdayaan Sosial Ekonomi (bisnis) dan mengajarkan Literasi/Melek Keuangan. Kerja sama dengan Yayasan Ayo Indonesia (Rumah Belajar)


Jasa Rental Kendaraan untuk Anda, Kami Siap Melayani dengan HATI:



Ayo Merawat Bumi, Rumah Kita Bersama
Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong

Posting Komentar

0 Komentar