Header Ads Widget

Renungan Harian Katolik; Tuhan......Aku Lupa Diri

Senin, 03 Juni 2024

(Pekan Biasa IX, PW St Karolus Lwanga, dan kawan-kawan, Martir)



Bacaan I 2Petrus 1:1-7

Mazmur Tanggapan Mzm 91:1-2.14-15ab.15c-16

(Ref: Ya Allah, padaMulah aku percaya)

Injil Markus 12:1-12


"Sekarang apa yang dapat dilakukan oleh pemilik kebun anggur itu?" Mrk 12:9

(Quid ergo faciet dominus vineae)


"TUHAN, AKU LUPA DIRI.. "


ADA banyak hal yang telah kita terima karena kebaikan sesama. Dan memang hidup itu adalah soal aliran kemurahan hati yang diperlihatkan sesama kepada kita.


🔅 Baca juga yang ini, menarik; Renungan Harian Katolik;  AKU Rindu Akan Tuhan Dalam Ekaristi.


SEBAB itulah dalam diri kita sepatutnya tetaplah ada 'rasa penuh syukur dan berterimakasih.' Adanya rasa syukur dan berterimakasih membentuk dalam diri kita adanya rasa penghargaan akan diri dan hidup sesama. Walau sedikit dan setipis apapun andil sesama buat kita di ziarah hidup ini.


PARA penggarap kebun anggur itu seharusnya bersyukur dan berterimakasih atas apa yang dilakukan, disiapkan, dan dipercayakan oleh si pemilik kebun anggur itu. Tugas para penggarap itu hanyalah menjaga kebun anggurr itu.


🔅 Sebaiknya baca juga yang ini; Renungan Harian Katolik; Bagi Setiap Kita Ada Tempat Yang Pasti Dalam Tuhan


SIKAP dan tindakan para penggarap itu terhadap para hamba dari tuan kebun anggur itu sebenarnya menunjukkan betapa mereka bukanlah orang yang tahu bersyukur dan berterimakasih. Mereka telah tergolong sebagai kelompok orang yang tak tahu tempatkan diri. Dari orang yang dipercayakan tuan kebun anggur kini segera ingin menjadi penguasa dan ahli waris untuk memiliki kebun anggur dengan cara yang tak terpuji!



🔅 Sebaiknya baca juga yang ini; Pater Kons Beo, SVD; Ini Hanyalah Satu Kisah


ALLAH adalah Sumber Kehidupan Abadi yang menyewakan alur kehidupan ini buat setiap kita. Kita dipanggil untuk menjadi penggarap-penggarap 'kebun kehidupan' ini yang setia dan penuh tanggungjawab.




DAN selama di jalan kehidupan ini setiap kita tetaplah bertarung dalam arus 'jatuh dan bangun' sebagai penggarap 'kebun anggur kehidupan ini.'


🔅 Baca juga yang ini; Renungan Harian Katolik; Cari Jalan Aman dan Ternyaman?


TUHAN telah mempersiapkan dan memberikan yang terindah dan terbaik bagi setiap kita. Semuanya demi kebaikan hidup kita masing-masing.




YANG dikisahkan oleh Yesus adalah betapa malang nasib para penggarap kebun anggur yang tak setia dan kejam itu. Tetapi bagi kita kiranya selalu ada dorongan, kekuatan dan harapan untuk kembali menjadi penggarap 'kebun anggur Tuhan' yang tahu bersyukur dan berterima kasih.


Verbo Dei Amorem Spiranti
St Karolus Lwanga, dan kawan-kawan, doakanlah kami.
Tuhan memberkati.
Amin


Mari kita renungkan kata-kata St. Arnoldus Janssen (perayaan 15 Januari):
  1. Pendiri SVD        :  1875
  2. Pendiri SSpS       :  1889
  3. Pendiri SSpS-Ap :  1896
  1. "Tabahkanlah hatimu dengan gembira, jangan merasa cemas bila salib-salibmu sering-sering terlalu kasar, terlalu berat dan tajam pada sisi-sisinya. Semuanya akan berakhir, tapi ganjaran yang abadi tak kan ada kesudahannya." 
  2. "Teguhkanlah hatimu dan percayalah kepada Allah. Sesudah hari-hari gelap akan menyusul hari-hari cerah. Anggaplah semuanya ini sebagai hal yang pasti."
  3. Sebagaimana seorang pengemis tidak dapat menyombongkan diri, kalau ia menerima pemberian-pemberian yang besar, demikian pula kita tidak  boleh bersikap angkuh atas anugerah-anugerah Allah."
  4. "Berbahagialah orang yang tidak takut untuk hidup dalam ribuan pengorbanan dan kekurangan demi memperoleh banyak orang bagi Kristus."
  5. "Semakin banyak kita menghormati ROH KUDUS, kita semakin layak untuk menerima karunia-karuniaNYA."

St. ARNOLDUS JANSSEN,
DOAKANLAH KAMI
AMIN

Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong, Minggu (10/3/2024) menyelenggarakan pertemuan pastoral untuk membentuk kepanitian Prosesi Sakramen Maha Kudus (Juni 2024) dan Perayaan Pesta Intan (75 tahun) Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong pada bulan juni tahun 2025, bertempat di Pendopo Pastoran. Pertemuan dihadiri oleh Pator Paroki, Dewan Inti Pastoral, utusan komunitas Biara Suster (KFSA/PSM/AHKYB/PSM), Ketua Wilayah (Woang/Redong/Perumnas), Utusan dari Kelompok Katergorial (Vanclar/KTM/Legio Maria/OMK). Jumlah mereka sebanyak 35 orang.



Yayasan Ayo Indonesia atas dukungan Missionprokur SVD Steinhauzen - Swiss melakukan suatu survei pasar untuk mengetahui pasokan dan permintaan sayur-sayuran di Pasar Lembor, Ruteng, dan Borong. Hasil survei ini kemudian menjadi acuan dalam menyusun suatu panduan pola dan waktu tanam yang terfokus pada pasar  

   Pohon Mangga ini tumbuh baik hingga saat ini di kebun salah satu keluarga di Paroki Lengkong Cepang. Benihnya disediakan oleh Program kerjasama Yayasan Ayo Indonesia dengan Missionprokur SVD Steinhauzen - Swiss, tahun 2014. 
Didokumentasikan oleh
Stef Jegaut, Selasa (15/8/2023) 





Pada program Pemberdayaan Sosial-Ekonomi, kerjasama Yayasan Ayo Indonesia dengan Missionprokur SVD Steinhauzen - Swiss tahun 2014, salah satu kegiatannya, adalah mempromosikan pembuatan Toilet dan Septik Tank menggunakan bambu untuk menggantikan fungsi besi beton, ternyata masih bertahan kuat sampai saat ini di Lengkong Cepang. Didokumentasikan oleh Stef Jegaut,Selasa (15/8/2023).

Adalah Koperasi Simpan Pinjam Inklusi di Manggarai, 25 orang Penyandang Disabilitas telah menjadi Anggota KSP Credit Union Florette: Menyediakan Pinjaman Berbunga Rendah, melakukan Upaya Pemberdayaan Sosial Ekonomi (bisnis) dan mengajarkan Literasi/Melek Keuangan. Kerja sama dengan Yayasan Ayo Indonesia (Rumah Belajar)


Jasa Rental Kendaraan untuk Anda, Kami Siap Melayani dengan HATI:



Ayo Merawat Bumi, Rumah Kita Bersama
Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong

Posting Komentar

0 Komentar