Header Ads Widget

KSP CU Florette hadir untuk menyejahterakan anggotanya


KSP CU Florette hadir untuk menyejahterakan anggotanya


Pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan KSP CU Florette tingkat Tempat Pelayanan Harian Narang, Kecamatan Satar Mese Barat, Sabtu (5/1/2022)/Foto RR

umpungjayasiar.com, RUTENG. Koperasi Simpan Pinjam CU Florette, Sabtu (5/2/2022), bertempat di Aula Paroki Narang, Desa Cambir Leca, Kecamatan Satar Mese Barat menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun buku 2021.
Rapat ini dihadiri oleh 320 orang dari 500 anggota aktif KSP CU Florette yang dilayani di Kantor Pelayanan Harian Satar Mese Barat, pengurus dan pengawas serta calon pengurus dan pengawas KSP CU Florette untuk periode 2022 - 2027. Jumlah peserta RAT dibatasi, mengacu kepada protocol Kesehatan covid 19. Keikutsertaan perempuan cukup baik, tercatat dalam daftar hadir sekitar 45 persen perempuan mengikuti Rapat Anggota Tahunan tersebut. 

Baca juga :

Kegiatan Rapat Anggota Tahunan tingkat Tempat Pelayanan Satar Mese Barat ini, diawali kata sambutan dari Ketua Pengurus KSP CU Florette, Florianus Kampul, dalam sambutan singkatnya dihadapan forum rapat anggota, dia menegaskan beberapa hal penting, yaitu 1) Menjadi anggota koperasi Credit Union bukan saja untuk keperluan meminjam dana atau modal tetapi lebih pada bagaimana kita melatih diri untuk mengelola ekonomi rumah tangga, salah satunya agar dapat membelanjakan uang berdasarkan kebutuhan bukan keinginan. 2) Koperasi kredit senantiasa dapat memberikan kontribusi dalam rangka meningkatkan perekomomian masyarakat, khususnya di Kabupaten Manggarai demi terwujudnya masyarakat yang adil, sejahtera dan berdaya saing. 3) Mengajak anggota untuk tidak melakukan pinjaman pada lembaga keuangan yang ilegal atau tidak berbadan hukum.

Tema RAT tahun ini, kata Flori adalah KSP CU Florette memampukan anggota untuk melek keuangan dalam upaya meningkatan pendapatan. Pengetahuan tentang melek keuangan dari para anggota akan ditingkatkan melalui Pendidikan agar mereka tahu cara mengelola keuangan yang lebih bijaksana dimana pengeluaran harus memprioritaskan pada pembelanjaan kebutuhan bukan keinginan, dan menyimpan secara rutin sebesar 30 persen dari setiap penghasilan mereka. Selain itu, mereka juga dilatih tentang kewirausahaan supaya sumber dan nilai pendapatan bertambah atau meningkat melalui usaha pertanian, peternakan, kerajinan tangan, tenun, tempa parang dll.

Baca juga :

Setelah sambutan pembuka kegiatan RAT, kemudian acara RAT dilanjutkan dengan penyampaian laporan pertanggungjawab pengurus dan pengawas tentang pencapaian hasil kerja di tahun buku 2021, yang disampaikan oleh Fred Rengka, Wakil Ketua Pengurus, Kosmas Takung dan Antonius Gandu, selaku Ketua dan anggota pengawas. Dalam laporan pengurus, Alfred menyampaikan beberapa pencapaian hasil kerja keras dari Para Pengurus, Pengawas, Tim Managemen dan Koordinator Tempat Pelayanan selama tahun 2021, antara lain Jumlah anggota bertambah, tahun 2020 jumlah anggota 6.702 orang sedangkan tahun 2021 anggota meningkat mencapai 6’948 orang, perkembangan keanggotaan ini merupakan bukti bahwa KSP CU Florette sebagai Lembaga keuangan non bank yang dipercaya oleh masyarakat Manggarai. Jumlah asset juga mengalami peningkatan secara bermakna dari 37,63 miliar rupiah pada tahun buku 2020 meningkat menjadi 41.05 miliar rupiah di tahun 2021.

Berkat kinerja yang baik ini, maka tahun 2021 KSP CU Florette dipercayakan oleh Lembaga Penyalur Dana Bergulir (LPDP-UMKM) menjadi salah satu mitra untuk pemulihan ekonomi nasional (PEN) di Manggarai Raya melalui pemberian pinjaman lunak (soft loan) sebesar 3 miliar rupiah.

Baca juga :
Koperasi Simpan Pinjam CU Florette terus mengupayakan peningkatan kualitas Pelayanan kepada Anggota.

Minat anggota untuk “berinvestasi atau mengamankan uangnya” dalam simpanan non saham, jelas Alfred juga cukup tinggi, terbukti dari nilai simpanan non saham meningkat dari 15.3 miliar rupiah pada tahun 2020 menjadi 16.03 milar rupiah di tahun 2021. Kemudian saldo piutang anggota (uang yang beredar ditangan anggota) mencapai 26,95 miliar rupiah untuk memenuhi kebutuhan keuangan anggota melalui layanan pinjaman konsumtif dan produktif dengan bunga 1.6 persen menurun, antara lain, pinjaman untuk membangun rumah, membeli fasilitas kendaraan untuk bisnis, pengadaan sarana produksi pada bisnis pertanian (agrobisnis), biaya pendidik anak-anak, dll.

Sedangkan Kosmas Takung dan Toni Gandu selaku pengawas kepada Rapat Anggota melaporkan bahwa hasil analisis PEARLS, terkait penilaian pada aspek proteksi, struktur keuangan yang efektif, kualitas Asset, pertumbuhan dan likuiditas selama tahun buku 2021 dinilai BAIK dan SEHAT, meskipun nilai pertumbuhan anggota, simpanan non saham masih perlu ditingkatkan lagi sehingga ke depan upaya mendorong anggota menyimpan non saham sebanyak mungkin perlu dilakukan dan menggerakan seluruh anggota untuk mencari anggota baru. 

Baca juga :

Di sela-sela kegiatan RAT, bagian publikasi KSP CU Florette menanyakan kepada dua orang anggota tentang tanggapan mereka terhadap kehadiran KSP Florette di Kecamatan Satar Mese Barat, salah satunya, Tobias Rudi, Kepala Desa Golo Ropong, anggota di TP Rahung, mengatakan peran dari KSP CU Florete sangat besar bagi masyarakat yang kurang mampu karena dengan menjadi anggota Florette banyak memberi kemudahan dalam pelayanan peminjaman, terutama bagi orang tua yang menyekolahkan anaknya dan juga bagi anggota yang ingin berbisnis. Sehingga ke depan saran saya, kata Tobi, KSP CU Florette harus giat untuk memberi pendidikan anggota, karena hal ini sangat penting untuk membangun kesadaran dan memperkuat militansi anggota untuk meningkatkan simpanan, mendorong orang lain menjadi anggota, disiplin mencicil pinjaman setiap bulan dan tekun berbisnis. Modal untuk usaha tidak sulit saat ini, dia juga berharap semua pengurus, pengawas, managemen dan pengurus TP tetap menjaga integritas serta terus belajar untuk peningkatan kapasitas sehingga pelayanan kepada anggota semakin bagus dan KSP CU Florette akan semakin dipercaya oleh para anggota.

Baca juga :


Apa yang dilakukan KSP FLorette di Satar Mese Barat, khususnya di Desa Golo Ropong selama ini, ungkap Tobi, sejalan dengan komitmennya sebagai Kepala Desa terpilih, yaitu mengutamakan kesejahteraan masyarakat melalui tata kelola pemerintahan yang transparan, adil dan akuntabel.


Aloysius Abu, anggota KSP CU Florette di Narang

Alosius Abu, anggota KSP CU Florette sejak tahun 2018 mengaku KPS CU Florette sangat membantu masyarakat dan pelayanannya sangat ramah, penuh rasa kekeluargaan, hal ini yang mendorong saya untuk menjadi anggota. Hal baik yang saya rasakan selama ini dari layanan KSP CU Florette, adalah Lembaga ini menyediakan layanaan pinjaman musiman berbunga rendah dengan durasi pengembalian pinjaman berkisar 4 – 6 bulan. “ Saya pernah meminjam 3 juta rupiah di KSP CU Florette untuk biaya produksi usaha padi di sawah yang luasnya 1 hektar, beruntung saat itu, meski musim kurang baik, hasil beras dari sawah itu mencapai 2.7 ton, sehingga dalam tempo 4 bulan saya dapat mengembalikan pinjaman musiman tersebut,” ungkap Alo. Beras itu, tuturnya, dijual untuk mengembalikan pinjaman dan membiayai Pendidikan anak-anak.

Maka ke depan usulan saya, kata Alo, sebaiknya KSP CU Florette memberi pinjaman produktif kepada anggota dengan nilai pinjaman cukup besar sesuai kebutuhan walaupun tidak sesuai dengan Pola Kebijakan yang terpenting, peminjam harus menyerahkan dokumen jaminan, misalnya sertifikat tanah.




Bagian Publikasi;

Rikhardus Roden Urut




Segelas Kopi Arabika Manggarai-Flores

Posting Komentar

2 Komentar