Header Ads Widget

KSP CU Florette Dapat Dana Pinjaman Dari LPDB-UMKM Untuk Kesejahteraan Anggota





KSP CU Florette dapat Dana Pinjaman dari LPDB-UMKM untuk kesejahteraan anggota, hal ini sebagai upaya untuk naik kelas sebagai lembaga keuangan non bank yang kompetitif di Manggarai Raya


umpungjayasiar.com,Ruteng. Koperasi Simpan Pinjam CU Florette, Primer Pertama di Puskopdit Manggarai, tahun 2021 ini, mendapat pinjaman Dana Bergulir, sebesar 3 Miliar Rupiah dari Lembaga milik Pemerintah Republik Indonesia, yaitu Lembaga Pengelolaan Dana Bergulir-Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-UMKM).

Penandatanganan Akad Perjanjian Pinjaman antara KSP CU Florette sebagai lembaga penerima pinjaman, diwakili oleh lima orang Badan Pengurus dengan LPDB-UMKM, pemberi pinjaman, diwakili oleh Kepala Divisi Bisnis dihadapan Albert Riwu Koreh, SH selaku Notaris, berlangsung di Kantor KSP CU Florette, Jumaát (24/9/2021).


Kantor KSP CU Florette

Badan Pengurus KSP CU Florette yang ikut menandatangani dokumen Akad perjanjian Pinjaman tersebut, adalah Florianus Kampul, Ketua, Alfred Rengka, Wakil Ketua, Rikhardus Roden Urut, Sekretaris, Tarsisius Hurmali, Bendahara dan Rostan Mutis, Anggota. Sedangkan dari pihak LPDB-UMKM ditandatangani oleh Purwanto, Kepala Divisi Bisnis LPDB-UMKM. Acara ini disaksikan juga oleh Badan Pengawas KSP CU Florette dan beberapa Pengurus Puskopdit Manggarai.

LPDB-UMKM dibentuk dengan Surat Keputusan Menteri Negara Koperasi dan UKM Republik Indonesia Nomor 19.4/Per/M.KUMKM/VIII/2006 sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Negara Koperasi dan UKM Republik Indonesia Nomor 11/Per/M.KUKM/VI/2008 tanggal 26 Juni 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Visi LPDB-KUMKM adalah Lembaga yang dapat diandalkan dalam memberikan layanan Pinjaman/Pembiayaan kepada Koperasi UMKM, serta mampu menjadi integrator dan percepatan, pengembangan industry Keuangan Mikro di Daerah, sedangkan salah satu misi pentingnya adalah mewujudkan program pemerintah di bidang pembiayaan usaha KUMKM dalam upaya meningkatkan produktivitas dan daya saing ekonomi rakyat serta menciptakan lapangan kerja dan pengentasan kemiskinan.

Pada kesempatan menyampaikan sambutan di acara penandatanganan akad perjanjian pinjaman tersebut, Purwanto, Kepala Divisi Bisnis di LPDB-UMKM mengatakan bahwa tujuan dari pemberian pinjaman ini adalah untuk penguatan modal kerja bagi KSP CU Florette sehingga tujuan dari lembaga koperasi ini, yaitu terwujudnya peningkatan kesejahteraan angggota akan tercapai.

Kita ketahui semua, tegas Purwanto bahwa koperasi dibentuk dan dibangun untuk mensejahterakan anggotanya.


Lebih lanjut dia mengungkapkan, kami dari LPDB-UMKM melihat potensi atau kekuatan managerial dan kepengurusan ada di KSP CU Florette sebab dari dokumen-dokumen persyaratan dalam pengajuan pinjaman, kami menilai KSP CU FLorette sudah cukup baik dalam pengelolalan dan benar-benar telah berhasil menjadi koperasi yang berbasis anggota.

Baca juga :

Oleh karena itu, lanjut Purwanto, Koperasi Simpan Pinam CU Florette agar segera menyalurkan Dana Pinjaman ini ke sektor-sektor produktif, sehingga bisa berfungsi sebagai daya ungkit ekonomi anggota yang tersebar di Tempat-Tempat Pelayanan (TP) di Kabupaten Manggarai, Manggarai Barat dan Manggarai Timur. Dalam operasionalnya nanti jangan lupa untuk selalu melakukan perbaikan (improvement) secara kelembagaan dan managerial.




Kepada bagian Publikasi dari Lembaga KSP CU FLorette di sela-sela acara Penandatanganan Akad Perjanjian Pinjaman, Florianus Kampul, Ketua Badan Pengurus menyampaikan terima kasih kepada LPBD-UMKM yang memberi pinjaman kepada KSP CU Florette dan berharap dana pinjaman ini bisa membawa dampak kepada pemulihan ekonomi dari para anggota, maka yang harus dikerjakan nanti adalah mendorong para anggota untuk bisnis, baik dari skala mikro, kecil maupun menengah.

Tujuannya, ungkap Flori tentu untuk mengurangi jumlah pengangguran dan orang miskin sehingga kita berharap agar pelaku usaha UMKM yang merupakan anggota Florette mampu memanfaatkan kesempatan baik ini untuk meningkatkan usahanya, yang selanjutnya bisa membangun ekonomi rumah tangga, dan sekaligus Florette membantu pemerintah dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat di Kabupaten Manggarai, Manggarai Barat dan Manggarai Timur.


Sedangkan melalui WhatsApp, Sabtu (25/9/2021) Purwanto menyarankan, karena pekerjaan dari sebagian besar anggota KSP CU Florette adalah petani maka sebaiknya memang bisnis yang dikembangkan anggota koperasi harus berbasis pertanian. Mungkin ke depan Koperasi Simpan Pinjam CU Florette bisa membantu anggotanya mencarikan para pembeli komoditi Kopi atau tanaman perdagangan yang lain (buyers) tetapi yang sudah ada market, dengan harga wajar.

Diakhir percakapan via WhatsApp, Purwanto menyampaikan terima kasih atas penyambutan dari teman-teman Pengurus dan Pengawas KSP CU Florette yang luar biasa dengan menonjolkan budaya Manggarai.

Ketika meminta tanggapan dari Manager KSP CU Florette terhadap saran dari Kepala Divisi Bisnis LPDB-UMKM ini, Srianus Syukur dengan tegas mengatakan bahwa ke depan fokus kami di managemen adalah memberi pelatihan keterampilan tehnis dan pendampingan terhadap anggota, khususnya yang mengembangkan bisnis pertanian hortikultura, peternakan dan kami akan selalu bekerjasama dengan Yayasan Ayo Indonesia, lembaga yang selama ini menjadi mitra kerja untuk pemberdayaan social ekonomi anggota.


Dia menambahkan komitmen dari managemen KSP CU Florette mengacu kepada program Kerja Badan Pengurus adalah meningkatkan jumlah anggota yang menjalankan usaha produktif, dari jumlah Anggota 6.833 saat ini, sebanyak 382 orang telah diberi pinjaman produktif dengan total nilai pinjaman yang dicairkan mencapai Rp 5’433’300’000. Paska penandatanganan kerjasama dengan LPDB-UMKM, jumlah peminjam untuk usaha produktif direncanakan bertambah 120 orang dengan total modal yang siap dicairkan, sebesar Rp 3’000’000’000 (3M).

Divisi Publikasi : Rikhardus Roden Urut



KSP CU FLORETTE MENDORONG ANGGOTA UNTUK BISNIS

KSP CU FLORETTE HADIR UNTUK MENSEJAHTERAKAN ANGGOTA DAN KELUARGANYA


AKU SUSAH ENGKAU BANTU, ENGKAU SUSAH AKU BANTU







Bisnis Kopi



Agribisnis sayur-sayuran



Agribisnis Jahe



Penandatanganan Akad








Bisnis tenun dan tempa parang



Agribisnis semangka .

Posting Komentar

1 Komentar