Header Ads Widget

Renungan Harian Katolik; Kukira Aku Ini Lurus Dan Benar. Padahalnya Aku Sesat Dan Serong

Rabu, 05 Juni 2024
(Pekan Biasa IX, St Bonifasius - uskup dan martir, St Dorotheus)

Bacaan I 2Timotius 1:1-3.6-12

Mazmur Tanggapan Mzm 123:1-2a.2bcd

(Ref: KepadaMu, ya Tuhan, aku melayangkan mataku)

Injil Markus 12:18-27

"Kalian sesat, justru karena kalian tidak mengerti Kitab Suci maupun kuasa Allah." Mrk 12:24

(Nonne ideo erratis, non scientes Scripturas, neque virtutem Dei)


KUKIRA AKU INI LURUS DAN BENAR. PADAHALNYA AKU SESAT DAN SERONG


ALANGKAH indahnya sekiranya kita sanggup ikuti isi dan jalan pikiran sesama. Pun bahwa kita sanggup rasakan apa yang dirasakannya. Sungguh luar biasa lah jika kita sanggup pahami apa pun keadaan orang lain.


🔅Baca juga yang ini, menarik; Renungan Harian Katolik; Selalu Ada Harapan Dan Kekuatan Dalam Tuhan


DENGAN demikian, kita bisa masuk dalam citra diri, keunikan atau katakan saja keistimewaan orang lain. Bagi kita, 'sesama tetaplah kekayaan yang berharga.' Di situ kita pun belajar dari segala kelebihan dan juga dari keterbatasannya. Tentu, semuanya demi diri kita sendiri. Yang mesti belajar untuk berkembang.

SAYANGNYA, sekiranya tak ada kesanggupan dalam diri kita untuk 'masuk dalam dunia sesama.' Akibatnya? Sesama hanya dijadikan sebagai sasaran yang ditafsir suka-sukanya. Orang lain 'dinilai dan dihakimi bebas bahkan liar' atas dasar 'pikiran, kehendak, serta segala mau-maunya kita sendiri.' Bukan kah terdapat sekian banyak sesama yang dirantai dalam 'pikiran dan kehendak kita sendiri?' Di sini, Kita sebenarnya bisa terjebak dalam alam kesesatan.


🔅Baca juga yang ini menarik untuk Anda; Renungan Harian Katolik; Dalam Hidup Ini, Tentu Tak Boleh Akali Orang Untuk Satu Dua Maksud Yang Suram Dan Seram.
  

LALU dengan dan terhadap Tuhan sendiri? Alam ketersesatan siap lebar terbuka saat manusia mulai menjarakkan diri dan seluruh hidupnya dari Kasih Tuhan. Tak hanya itu, tetapi juga bahwa ketersesatan jadi nyata ketika manusia cenderung samakan dirinya sendiri dengan Tuhan bahkan sepertinya ingin 'melampaui' Tuhan.


PERILAKU beriman yang diperlihatkan itu seolah-olah punya kecenderungan untuk 'mengilahikan dan mengkekalkan pikiran dan kehendak sendiri' dengan memakai kuasa Tuhan. Kuasa Tuhan yang maharahim dan mahapengampun, misalnya, sudah dihadang ketat oleh siapapun yang 'menganggap dirinya sendiri sebagai agen surga.' Yang tetapkan 'kata, kehendak, dan perilaku sendiri' bahkan yang suram dan seram sekalipun sebagai pikiran dan kehendak Tuhan. Tuhan mahakelembutan telah 'diubah sebagai Tuhan kekerasan.


Maka sebenarnya?


TERDAPAT proklamasi Tuhan yang mahabesar dan mahasegala tetapi pada saat yang sama Tuhan itu lagi 'dibonsai dan dikerdilkan' dalam tempurung kepicikan sikap, cara berpikir dan bertindak.

🔅 Baca juga yang ini, menarik; Renungan Harian Katolik;  AKU Rindu Akan Tuhan Dalam Ekaristi.

TEGURAN keras Yesus terhadap kaum Saduki, setidaknya juga bisa menjadi alarm bagi kita untuk setia, tekun dan dalam kerendahan hati untuk mencari, menemukan serta masuk dalam kehendak Allah, yang mesti terjadi di dalam hidup setiap kita. Di hadapan Allah, kehendak dan kuasaNya, kita setidaknya, tak 'keras kepala, degil dan tegar hati' untuk, atau mengandaikan atau pun memaksakan pikiran dan kehendak sendiri.

🔅Baca juga yang ini; Renungan Harian Katolik; Tuhan......Aku Lupa Diri


MAKA marilah kita pulang dan kembali ke jalan kuasa dan kehendak Tuhan. Kita berkanjang dalam doa! Dalam bertekun membaca, mendengar dan merenungkan suara Tuhan dalam SabdaNya. Kita menangkap sapaan-sapaan Tuhan dalam kesetiaan dan kerendahan hati.


Verbo Dei Amorem Spiranti
Tuhan memberkati
Amin

Mari kita renungkan kata-kata St. Arnoldus Janssen (perayaan 15 Januari):
  1. Pendiri SVD        :  1875
  2. Pendiri SSpS       :  1889
  3. Pendiri SSpS-Ap :  1896
  1. "Tabahkanlah hatimu dengan gembira, jangan merasa cemas bila salib-salibmu sering-sering terlalu kasar, terlalu berat dan tajam pada sisi-sisinya. Semuanya akan berakhir, tapi ganjaran yang abadi tak kan ada kesudahannya." 
  2. "Teguhkanlah hatimu dan percayalah kepada Allah. Sesudah hari-hari gelap akan menyusul hari-hari cerah. Anggaplah semuanya ini sebagai hal yang pasti."
  3. Sebagaimana seorang pengemis tidak dapat menyombongkan diri, kalau ia menerima pemberian-pemberian yang besar, demikian pula kita tidak  boleh bersikap angkuh atas anugerah-anugerah Allah."
  4. "Berbahagialah orang yang tidak takut untuk hidup dalam ribuan pengorbanan dan kekurangan demi memperoleh banyak orang bagi Kristus."
  5. "Semakin banyak kita menghormati ROH KUDUS, kita semakin layak untuk menerima karunia-karuniaNYA."

St. ARNOLDUS JANSSEN,
DOAKANLAH KAMI
AMIN

Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong, Minggu (10/3/2024) menyelenggarakan pertemuan pastoral untuk membentuk kepanitian Prosesi Sakramen Maha Kudus (Juni 2024) dan Perayaan Pesta Intan (75 tahun) Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong pada bulan juni tahun 2025, bertempat di Pendopo Pastoran. Pertemuan dihadiri oleh Pator Paroki, Dewan Inti Pastoral, utusan komunitas Biara Suster (KFSA/PSM/AHKYB/PSM), Ketua Wilayah (Woang/Redong/Perumnas), Utusan dari Kelompok Katergorial (Vanclar/KTM/Legio Maria/OMK). Jumlah mereka sebanyak 35 orang.



Yayasan Ayo Indonesia atas dukungan Missionprokur SVD Steinhauzen - Swiss melakukan suatu survei pasar untuk mengetahui pasokan dan permintaan sayur-sayuran di Pasar Lembor, Ruteng, dan Borong. Hasil survei ini kemudian menjadi acuan dalam menyusun suatu panduan pola dan waktu tanam yang terfokus pada pasar  

   Pohon Mangga ini tumbuh baik hingga saat ini di kebun salah satu keluarga di Paroki Lengkong Cepang. Benihnya disediakan oleh Program kerjasama Yayasan Ayo Indonesia dengan Missionprokur SVD Steinhauzen - Swiss, tahun 2014. 
Didokumentasikan oleh
Stef Jegaut, Selasa (15/8/2023) 





Pada program Pemberdayaan Sosial-Ekonomi, kerjasama Yayasan Ayo Indonesia dengan Missionprokur SVD Steinhauzen - Swiss tahun 2014, salah satu kegiatannya, adalah mempromosikan pembuatan Toilet dan Septik Tank menggunakan bambu untuk menggantikan fungsi besi beton, ternyata masih bertahan kuat sampai saat ini di Lengkong Cepang. Didokumentasikan oleh Stef Jegaut,Selasa (15/8/2023).

Adalah Koperasi Simpan Pinjam Inklusi di Manggarai, 25 orang Penyandang Disabilitas telah menjadi Anggota KSP Credit Union Florette: Menyediakan Pinjaman Berbunga Rendah, melakukan Upaya Pemberdayaan Sosial Ekonomi (bisnis) dan mengajarkan Literasi/Melek Keuangan. Kerja sama dengan Yayasan Ayo Indonesia (Rumah Belajar)


Jasa Rental Kendaraan untuk Anda, Kami Siap Melayani dengan HATI:



Ayo Merawat Bumi, Rumah Kita Bersama
Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong

Posting Komentar

0 Komentar