Header Ads Widget

Renungan Harian KATOLIK ; MARILAH Kita Semua Berjuang Untuk Tetap Berjalan Bersama Dalam Harapan.

Kamis, 28 Juli 2022


(Pekan Biasa XVII, St Celsus, St Nazarius, St Viktor I - Paus ke 14, Beato Yohanes Soreth)
Bacaan I Yeremia 18:1-6
Mazmur Tanggapan Mzm 146:2abc.2d-4.5-6
Injil Matius 13:47-53

"Mengertikah kalian akan segala hal ini?"

Mat 13:51

(Intellexistis haec omnia?)



YESUS, Tuhan dan Guru sampaikan ajaranNya dalam perumpamaan. Butuh akal budi untuk memahaminya. Di atas segalanya dituntut pula hati yang terbuka untuk menerima dan meresapkan semuanya.

Baca juga : 
Pater Kristianus Sambu SVD; Spirit solidaritas, memberi makan kepada yang lapar tetapi dengan cara memberi kail kalau dia minta ikan.

ZIARAH hidup kita tetaplah menjadi satu perjuangan. Siapapun kita ingin tampilkan yang terbaik. Semuanya berlangsung dalam gelora kehidupan ini. Ada ketikanya, saat kita merasa diri tergolong 'ikan-ikan yang baik.' Tetapi tak dapat dipungkiri bahwa kita pun sering tergelincir masuk dalam 'arena kelompok ikan tidak baik.'


BERSYUKURLAH akan kehadiran orang-orang baik. Dalam diri mereka itu selalu ada harapan. Mereka miliki kekuatan hati yang meneguhkan sesamanya. Sanggup melihat kehidupan bersama sungguh seluas samudra dan sebentangan langit. Semuanya dalam Kasih.


ORANG-ORANG baik seperti ini selalu miliki waktu demi kebaikan bersama. Tak pernah patah semangat dan putus asa untuk mengusahakan yang terbaik. Selama masih ada nafas, bagi mereka, terdapat kesempatan untuk berbenah bagi sesamanya.

ORANG-ORANG baik itu tidak sesukanya 'mempercepat akhir zaman' dalam pikirannya sendiri. Ia pun tidak merampas hak malaekat untuk 'mau segera pisahkan orang jahat dari orang benar.' Apalagi bahwa mereka hendak menjadi hakim yang menentukan nasib sesamanya.


ORANG-ORANG baik dan benar itu tak pernah gencar untuk mudah 'mengkafirharamkan sesama atau mengstigma orang lain sebagai laknat, bejat, atau sebagai kaum nista. Tidak! Orang-orang baik itu, ya itu tadi, pasti akan berusaha berjalan bersama demi kebaikan dan keindahan hidup bersama.


KERAJAAN SORGA telah dilabuhkan di lautan kehidupan ini. Dan kita semua adalah 'ikan-ikannya' (cf Mat 13:47). Jangan dulu pastikan diri sendiri atau tetapkan orang lain ini itu termasuk sebagai "ikan baik atau ikan tidak baik." Semuanya akan terjadi pada akhir zaman. Di saat itulah "Malaekat-malaekat akan datang memisahkan orang jahat dari orang benar" (Mat 13:49).



MARILAH kita semua berjuang untuk tetap berjalan bersama dalam harapan. Terutama pula berziarah dalam Kasih Tuhan yang membebaskan. Sebab Kasih itulah yang mengalahkan segalanya. Kasih Tuhan membebaskan kita dari zona maut "ratapan dan kertakan gigi" (cf Mat 13:50).

Verbo Dei Amorem Spiranti
Tuhan memberkati
Amin

Mahasiswa/i Magang Angkatan ke-II dari Universitas Katolik Santo Paulus Ruteng belajar tentang bisnis pertanian organik dengan Gery, Petani muda Sukses di Kampung Wela, Paroki Golo Welu, Rabu (27/7/2022)

Posting Komentar

0 Komentar