Header Ads Widget

Renungan Harian Katolik; Hidup Kristiani, Jawaban Yang Terus Kita Cari

 Selasa, 26 Maret 2024

(Pekan Suci, St Castulus, St Ludger)

Bacaan I Yesaya 49:1-6

Mazmur Tanggapan  Mz 71:1-2.3-4a.5-6ab.15.17

(Ref: Mulutku akan menceritakan keadilanMu, ya Tuhan)

Injil Yohanes 13:21-33.36-38

"...tetapi kelak engkau akan mengikuti AKU"

Yoh 13:36

(sequèris autem pòstea)


HIDUP KRISTIANI: JAWABAN YANG TERUS KITA CARI


HIDUP ditimbuni banyak pertanyaan. Ada pertanyaan yang hanyalah sekadar pertanyaan belaka! Sering ia  tak hiraukan sebuah jawaban  pasti. Bahkan untuk sebuah jawaban saat kini. Itu hanyalah sebuah pertanyaan untuk direnungkan.


Sebaiknya baca juga yang ini; Renungan Harian Katolik; Menuju Akhir Hidup Penuh Keharuman


NAMUN, hidup penuh pertanyaan yang tanpa jawaban pasti itu sering membangkitkan semangat. Ada kerinduan untuk berlangkah. Untuk mencari dan  terus mencari. Hari demi hari. Demi menemukan sebuah jawaban yang walau masih terbuka.


Sebaiknya baca juga yang ini; Renungan Harian Katolik;  Kejutan Di Luar Kendali


SAAT ini hidup itu memang didera variasi ketakpastian. Banyak jalan berliku yang mesti disusuri. Gumpalan asap panas dan kabul tebal kehidupan yang mesti diterobos. Tetapi, mesti kah kita harus terbujur kaku oleh rasa putus asa? 


ADA keyakinan bahwa hidup kristiani itu adalah satu perjalanan tanpa peta. Tanpa satu kepastian irama hidup yang baku. Yang ditebalkan dengan sekian banyak keharusan.


SAAT ini, biarlah kita tak pahami sepenuhnya pribadi Yesus. Akan segala kata dan ajaranNya. Kita masih tetap jauh dan terseret tertatih-tatih dari keagungan PRIBADI-NYA. 


Sebaiknya baca juga yang ini; Renungan Harian Katolik; SIAPAPUN Kita Bisa Hehilangan Diri Sendiri.


TETAPI,  dalam diri kita selalu terbit kerinduan yang memberi asa. Ada harapan untuk tetap berlangkah. Kegagalan bukanlah area terakhir untuk menyerah. 


'HARI ini kita bisa berdiri dalam jarak aman demi diri sendiri. Menatap Tuhan yang diadili. Kita bahkan bisa menyangkal dan terus menyangkal Tuhan.  Segala kisah Petrus telah menjadi kisah kita pula.' Tetapi, apa kah Tuhan mesti kalah akan dalam KasihNya akan Petrus dan akan kita? 


DI SUATU HARI nanti, ada saatnya, dalam iman,  pengharapan dan kasih yang sungguh akan Tuhan, dalam ziarah hidup yang masih terus berlalu, kita akan pahami gema kata-kata Tuhan: 'Kelak engkau akan mengikuti Aku...'


ADAKAH keyakinan dalam diri kita bahwa sesama pun, dalam waktu dan terutama dalam harapan yang teguh, dapat dimenangkan oleh Kasih Tuhan? Untuk kembali dapat mengikuti Tuhan? 


Di titik ini kita mesti rendah hati mengakui: Tuhan selalu agung dalam kasihNya. Bagi kita pun terhadap sesama!


Verbo Dei Amorem Spiranti

Tuhan memberkati

Amin...

Mari kita renungkan kata-kata St. Arnoldus Janssen (perayaan 15 Januari):

  1. Pendiri SVD        : 1875
  2. Pendiri SSpS       :  1889
  3. Pendiri SSpS-Ap :  1896
  1. "Tabahkanlah hatimu dengan gembira, jangan merasa cemas bila salib-salibmu sering-sering terlalu kasar, terlalu berat dan tajam pada sisi-sisinya. Semuanya akan berakhir, tapi ganjaran yang abadi tak kan ada kesudahannya." 
  2. "Teguhkanlah hatimu dan percayalah kepada Allah. Sesudah hari-hari gelap akan menyusul hari-hari cerah. Anggaplah semuanya ini sebagai hal yang pasti."
  3. Sebagaimana seorang pengemis tidak dapat menyombongkan diri, kalau ia menerima pemberian-pemberian yang besar, demikian pula kita tidak  boleh bersikap angkuh atas anugerah-anugerah Allah."
  4. "Berbahagialah orang yang tidak takut untuk hidup dalam ribuan pengorbanan dan kekurangan demi memperoleh banyak orang bagi Kristus."
  5. "Semakin banyak kita menghormati ROH KUDUS, kita semakin layak untuk menerima karunia-karuniaNYA."

St. ARNOLDUS JANSSEN,
DOAKANLAH KAMI
AMIN

Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong, Minggu (10/3/2024) menyelenggarakan pertemuan pastoral untuk membentuk kepanitian Prosesi Sakramen Maha Kudus (Juni 2024) dan Perayaan Pesta Intan (75 tahun) Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong pada bulan juni tahun 2025, bertempat di Pendopo Pastoran. Pertemuan dihadiri oleh Pator Paroki, Dewan Inti Pastoral, utusan komunitas Biara Suster (KFSA/PSM/AHKYB/PSM), Ketua Wilayah (Woang/Redong/Perumnas), Utusan dari Kelompok Katergorial (Vanclar/KTM/Legio Maria/OMK). Jumlah mereka sebanyak 35 orang.



Yayasan Ayo Indonesia atas dukungan Missionprokur SVD Steinhauzen - Swiss melakukan suatu survei pasar untuk mengetahui pasokan dan permintaan sayur-sayuran di Pasar Lembor, Ruteng, dan Borong. Hasil survei ini kemudian menjadi acuan dalam menyusun suatu panduan pola dan waktu tanam yang terfokus pada pasar  

   Pohon Mangga ini tumbuh baik hingga saat ini di kebun salah satu keluarga di Paroki Lengkong Cepang. Benihnya disediakan oleh Program kerjasama Yayasan Ayo Indonesia dengan Missionprokur SVD Steinhauzen - Swiss, tahun 2014. 
Didokumentasikan oleh
Stef Jegaut, Selasa (15/8/2023) 





Pada program Pemberdayaan Sosial-Ekonomi, kerjasama Yayasan Ayo Indonesia dengan Missionprokur SVD Steinhauzen - Swiss tahun 2014, salah satu kegiatannya, adalah mempromosikan pembuatan Toilet dan Septik Tank menggunakan bambu untuk menggantikan fungsi besi beton, ternyata masih bertahan kuat sampai saat ini di Lengkong Cepang. Didokumentasikan oleh Stef Jegaut,Selasa (15/8/2023).

Adalah Koperasi Simpan Pinjam Inklusi di Manggarai, 25 orang Penyandang Disabilitas telah menjadi Anggota KSP Credit Union Florette: Menyediakan Pinjaman Berbunga Rendah, melakukan Upaya Pemberdayaan Sosial Ekonomi (bisnis) dan mengajarkan Literasi/Melek Keuangan. Kerja sama dengan Yayasan Ayo Indonesia (Rumah Belajar)


Jasa Rental Kendaraan untuk Anda, Kami Siap Melayani dengan HATI:




Ayo Merawat Bumi, Rumah Kita Bersama
Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong

Posting Komentar

0 Komentar