Header Ads Widget

Renungan Harian Katolik; PASKAH: Kisah Tuhan Menyapa Lembut Setiap Kita..

SELASA, 02 APRIL 2024 - OKTAF PASKAH


Bacaan I Kisah Para Rasul 2:36-41
Mazmur Tanggapan Mzm 33:4-5.18-19.20.22
(Ref: Bumi penuh dengan kasih setiaMU)
Injil Yohanes 20:11-18




PASKAH: Kisah Tuhan menyapa lembut setiap kita..

(Satu perenungan)

("MARIA..Yoh 20:16")




PASKAH adalah kesenyapan pribadi teramat bisu. Saat tak tahu lagi ke mana harus melangkah. Ketika tak tahu lagi wajah sedih tanpa harapan ini harus disembunyikan.



Sebaiknya baca juga yang ini; Renungan Harian Katolik; Daya Pikat Uang Memang Menjebak


MAKAMNYA kedapatan kosong. JenasahNya pun tetap jadi misteri buat kedua bola mata. Magdalena hanya berurai air mata. Mungkin kah karena ia kelewat sedih dan berlinangan air mata? Dan karenanya tak sanggup melihat jelas dalam iman?



TETAPI Magdalena pun perlahan 'BERALIH.' Itu berawal ketika kedengaran namanya disebut. Saat ia merasa disapa penuh pribadi oleh Tuhan, "Maria..."





Di situ jarak kesedihan nan panjang dan berat mulai terpangkas. Dan +Jalan Harapan dan Sukacita perlahan dibangun dan ditata.




PASKAH bukanlah kisah batin hingar bingar penuh keruwetan. Tetapi Paskah adalah kisah penuh motivasi transformatif nan teduh. Berawal saat telinga batin setiap kita sanggup menangkap suara TUHAN yang Bangkit memanggil setiap nama kita. Di situlah Awal kita tinggalkan hari-hari tanpa harapan dan tanpa arah.




INGIN saudaramu kembali lagi menjadi saudaramu? Maka sebut dan panggil lagi namanya dengan sepenuh hati dan setulusnya. Sekian banyak sesama larut dalam kesedihan dan keterasingan serta kepiluhan hidup. Sebab kita tak sanggup dan tak mau menyapa namanya dalam doa dan harapan serta tindakan. Sebab nada dan dinamika suara kita sudah kelewat kasar, menyudutkan, angkuh, dan cenderung mempermainkan dan menghina. Suara kita selalu ingin jadi standar wajib kiblatan bagi yang lain.


Sebaiknya baca juga yang ini; Renungan Harian Katolik;  Di Kesunyian Sabtu Suci


Kisah Paskah adalah panggilan iman dan nurani untuk 'menyapa' para korban perang, korban kekerasan dan bencana alam serta rupa-rupa tekanan dan ketidakpastian hidup. Suara Paskah sungguh adalah suara yang menyapa agar bersama-sama kita ber-PASSOVER, iya, beralih bersama




Verbo Dei Amorem Spiranti
Tuhan memberkati
Amen - Alleluia

Mari kita renungkan kata-kata St. Arnoldus Janssen (perayaan 15 Januari):

  1. Pendiri SVD        : 1875
  2. Pendiri SSpS       :  1889
  3. Pendiri SSpS-Ap :  1896
  1. "Tabahkanlah hatimu dengan gembira, jangan merasa cemas bila salib-salibmu sering-sering terlalu kasar, terlalu berat dan tajam pada sisi-sisinya. Semuanya akan berakhir, tapi ganjaran yang abadi tak kan ada kesudahannya." 
  2. "Teguhkanlah hatimu dan percayalah kepada Allah. Sesudah hari-hari gelap akan menyusul hari-hari cerah. Anggaplah semuanya ini sebagai hal yang pasti."
  3. Sebagaimana seorang pengemis tidak dapat menyombongkan diri, kalau ia menerima pemberian-pemberian yang besar, demikian pula kita tidak  boleh bersikap angkuh atas anugerah-anugerah Allah."
  4. "Berbahagialah orang yang tidak takut untuk hidup dalam ribuan pengorbanan dan kekurangan demi memperoleh banyak orang bagi Kristus."
  5. "Semakin banyak kita menghormati ROH KUDUS, kita semakin layak untuk menerima karunia-karuniaNYA."

St. ARNOLDUS JANSSEN,
DOAKANLAH KAMI
AMIN

Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong, Minggu (10/3/2024) menyelenggarakan pertemuan pastoral untuk membentuk kepanitian Prosesi Sakramen Maha Kudus (Juni 2024) dan Perayaan Pesta Intan (75 tahun) Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong pada bulan juni tahun 2025, bertempat di Pendopo Pastoran. Pertemuan dihadiri oleh Pator Paroki, Dewan Inti Pastoral, utusan komunitas Biara Suster (KFSA/PSM/AHKYB/PSM), Ketua Wilayah (Woang/Redong/Perumnas), Utusan dari Kelompok Katergorial (Vanclar/KTM/Legio Maria/OMK). Jumlah mereka sebanyak 35 orang.



Yayasan Ayo Indonesia atas dukungan Missionprokur SVD Steinhauzen - Swiss melakukan suatu survei pasar untuk mengetahui pasokan dan permintaan sayur-sayuran di Pasar Lembor, Ruteng, dan Borong. Hasil survei ini kemudian menjadi acuan dalam menyusun suatu panduan pola dan waktu tanam yang terfokus pada pasar  

   Pohon Mangga ini tumbuh baik hingga saat ini di kebun salah satu keluarga di Paroki Lengkong Cepang. Benihnya disediakan oleh Program kerjasama Yayasan Ayo Indonesia dengan Missionprokur SVD Steinhauzen - Swiss, tahun 2014. 
Didokumentasikan oleh
Stef Jegaut, Selasa (15/8/2023) 





Pada program Pemberdayaan Sosial-Ekonomi, kerjasama Yayasan Ayo Indonesia dengan Missionprokur SVD Steinhauzen - Swiss tahun 2014, salah satu kegiatannya, adalah mempromosikan pembuatan Toilet dan Septik Tank menggunakan bambu untuk menggantikan fungsi besi beton, ternyata masih bertahan kuat sampai saat ini di Lengkong Cepang. Didokumentasikan oleh Stef Jegaut,Selasa (15/8/2023).

Adalah Koperasi Simpan Pinjam Inklusi di Manggarai, 25 orang Penyandang Disabilitas telah menjadi Anggota KSP Credit Union Florette: Menyediakan Pinjaman Berbunga Rendah, melakukan Upaya Pemberdayaan Sosial Ekonomi (bisnis) dan mengajarkan Literasi/Melek Keuangan. Kerja sama dengan Yayasan Ayo Indonesia (Rumah Belajar)


Jasa Rental Kendaraan untuk Anda, Kami Siap Melayani dengan HATI:




Ayo Merawat Bumi, Rumah Kita Bersama
Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong


Posting Komentar

0 Komentar